Rabu, 14 Juni 2017

Lailatul Qadar


Alhamdulillah (Segala Puji Bagi Allah Tuhan Semesta Alam) kita sudah memasuki malam ke-20 Ramadhan di pengujung akhir bulan puasa Ramadhan 1438 Hijriyah. Shalawat dan Salam semoga selalu terus tercurah atas baginda Rasulullah.SAW beserta keluarga, para sahabat, dan pengikut beliau hingga akhir nanti.

Pasal
Keutamaan Bangun Lailatul Qadri Dan Keterangan Malam Yang Dapat Diharapkannya.

Firman Allah:
Sesungguhnya Allah telah menurunkan Qur’an dalam malam Lailatul-qadri (Malam yang besar nilainya), dan tidak kau ketahui apakah lailatul-qadri itu? Lailatul-qadri itu mempunyai nilai melebihi dari seribu bulan. Di situ turun Malaikat dan ruh dengan izin Tuhan, selamat sejahtera malam hingga terbit fajar. (Al-Qadar15)

Sebagaimana harapan asa seluruh umat muslim baik  menjelang bulan Ramadhan, maupun  di bulan suci ini mereka membentuk karakter melalui metode ibadah yang diajarkan Rasulullah.SAW melalui para pewarisnya. Seutama-utamanya bekal dalam menjalani kehidupan kita adalah taqwa terhadap Allah.SWT, karena taqwa adalah amal yang paling utama  di sisi Allah.SWT.

Abu Hurairah R.A berkata: Bersabda Nabi.SAW: Siapa yang bangun pada malam Lailatul-Qadri itu karena dorongan iman dan mengharap pahala dari Allah, diampunkan dosanya yang telah lalu. (Buchary,Muslim)

Ibn Umar R.A berkata: Beberapa orang sahabat Nabi.SAW telah mimpikan Lailatul-Qadri pada tujuh malam yang akhir bulan Ramadhan. Maka Nabi.SAW bersabda:Saya perhatikan impian kamu bertepatan pada tujuh malam yang akhir, maka siapa yang benar akan mencari Lailatul-qadri, hendaknya mencari dan memperhatikannya pada tujuh malam yang akhir. (Buchary, Muslim)

Aisyah R.A berkata: Adanya Rasulullah.SAW ber’itikaf pada malam-malam sepuluh yang akhir bulan Ramadhan (21-29). Dan bersabda:Carilah Lailatul qadri dalam malam-malam sepuluh yang akhir bulan Ramadhan. (Buchary, Muslim)

Aisyah R.A berkata: Bersabda Nabi.SAW: Carilah lailatul-qadri pada malam yang ganjil pada sepuluh yang akhir dari bulan Ramadhan (21-23-25-27-29). (Buchary)

Aisyah R.A berkata: Adanya Rasulullah.SAW jika mulai malam-malam sepuluh yang akhir bulan Ramadhan (dari mulai malam 21 s/d 29) bangun satu malam penuh dan membangunkan keluarganya, dan bersungguh-sungguh ibadat hingga mempererat sarungnya.(tidak kumpul istrinya) (Buchary, Muslim).

Aisyah R.A berkata: Adalah Rasulullah.SAW sangat rajin dan bersungguh-sungguh melakukan ta’at ibadah pada setiap bulan terutama bulan Ramadhan, dan pada malam-malam sepuluh yang akhir melebihi dari malam lain-lainnya. (Muslim)

Aisyah R.A berkata: Saya bertanya: Ya Rasulullah bagaimana pendapatmu sekiranya saya mengetahui (menemukan) lailatul-qadri, apakah yang akan saya baca pada waktu itu? Jawab Nabi:Bacalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa ‘fu’anni (Yaa Allah Engkau Maha Pengampun Suka Mengampunkan, maka ampunkan bagiku). (Attirmidzy)

Semoga Allah.SWT menganugerahkan kita menemukan malam Lailatul-qadri dan mengampuni kita serta memudahkan kita yang tiada daya upaya ini untuk dapat terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadapNya melalui ibadah yang diniatkan semata-mata karena Allah.SWT. Dari Allah kembali kepada Allah, baik berupa Ilmu, rezeki, tenaga yang dianugerahkan Allah kepada kita digunakan ikhlas dijalan Allah semata-mata mengharap ridhoNya. Selain itu memudahkan kita dalam menjalani kehidupan dan dikabulkan hajat di dunia dan akhirat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls