Jumat, 23 Juni 2017

Khauf jadi Sasaran CemburuNYA dan Asa Raih Ridho Illahi


Pasal Menghimpun Antara Takut (Khauf) dan Harapan (Asa)
Dari hadist Buchary Muslim,  sebaiknya seorang dalam masa sehat supaya dapat mengimbangi antara rasa takut dari siksa Allah dan mengharap rahmat Allah. Tetapi dalam masa sakit hendaknya melulu mengharapkan rahmat Allah. Sebagaimana tuntunan dari Kitabullah (Qur’an) yang kita cinta kasih dan sayang karena Allah. Demikian pun tuntunan hadits yang sama kita cinta kasih dan sayang karena Allah.
Firman Allah: Sungguh tiada patah dari rahmat Allah, kecuali orang-orang tertutup mata pikirannya (kafir). (Yusuf 87)
Abu Hurairah R.A berkata: Bersabda Rasulullah.S.A.W: Andaikan seorang mu’min mengetahui benar-benar siksa yang disediakan oleh Allah, niscaya tiada seorangpun yang dapat mengharapkan akan masuk syurga, Dan andaikan seorang kafir mengetahui yang disediakan oleh Allah dari rahmatNya, tidak akan berputus harapanlah daripada mendapatkan syurgaNya seorangpun. (Muslim)
Air mata adalah rahmat Allah menjadi sasaran rahmat Allah dan dianugerahi khauf takut kepada Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.
Abu Hurairah R.A berkata: Bersabda Rasulullah.S.A.W: Tidak akan masuk ke dalam neraka seorang yang pernah menangis karena takut kepada Allah, hingga dapat kembali air susu ke dalam tetek. Dan tidak akan dapat berkumpul debu dalam jihad fisabilillah dengan asap neraka Jahannam. (Attirmidzy)
Seimbang hidup selalu berada di jalan mustahab yaitu berlaku Sunahtullah dalam diri. Apa itu Sunahtullah ? Sunahtullah adalah pasangan dalam kehidupan didunia contohnya hitam dan putihnya hidup,  kanan dan kiri, atas dan bawah. Manusia tidak ada yang sempurna diciptakan Allah.SWT dalam menjalani hidup selama didunia, karena  manusia tak pernah luput dari khilaf kesalahan dan dosa. Inabah dan Tobat jalan kembali satu-satunya.
Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penerima Tobat
Abu Hurairah R.A berkata: Bersabda Rasulullah.S.A.W: Allah telah berfirman: Aku Selalu mengikuti sangka hambaKu, dan Aku selalu menyertai dia,  dimana ia ingat kepadaKu. Demi Allah, sungguh Allah lebih senang menerima tobat hambaNya dari seseorang yang mendapat kembali barangnya yang telah hilang di hutan. Dan siapa yang mendekat kepadaKu sejengkal. Aku mendekat kepadanya sehasta, dan siapa mendekat kepadaKu sehasta,  Aku mendekat kepadanya sedepa. Dan bila ia datang kepadaKu dengan berjalan, Aku datang kepadanya dengan berjalan cepat. (Buchary, Muslim)
Anas R.A berkata: Saya telah mendengar Rasulullah.SAW bersabda: Allah berfirman: Hai putra Adam, sesungguhnya selama kau berdo’a dan mengharap kepadaKu, pasti Aku ampunkan bagimu apa yang telah lalu daripadamu, dan tak Aku hiraukan berapa banyak. Hai putra Adam, andaikan dosamu telah sampai kelangit, kemudian kau minta ampun kepadaKu, Aku ampunkan bagimu. Hai putra Adam, andaikan kau datang kepadaKu dengan sepenuh bumi ini dosa, tetapi kau menghadap kepadaKu dalam hal tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu yang lain, niscaya Aku akan memberi engkau pengampunan sepenuh bumi itu pula. (Attimidzy)
Optimis berpengharapan hanya kepada Allah yang kita sembah dan hanya Allah yang dapat menolong kita. Bergantung hanya kepada Allah dengan berserah segala urusan diri bahwa Allah yang tidak  tidur dan lalai karena Allah Maha Melihat lagi selalu Mengawasi hamba-Nya.
Menjadi Hamba Allah dengan melaksanakan hak Allah atas diri dengan menyatakan Tiada Tuhan Selain Allah dan Nabi Muhammad Utusan Allah. Shalawat dan Salam semoga terus tercurah atas baginda Rasulullah.SAW beserta seluruh keluarga dan para sahabat beliau hingga nanti.
Sebagaimana janji Allah melalui hadist Rasulullah.SAW riwayat Muslim gunanya Kalimat Syahadat bagi yang membacanya.
Barang siapa bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah, maka terlarang baginya oleh Allah masuk neraka. (HR.Muslim).
Hak Allah Atas Diri Manusia
Melaksanakan Hak Allah atas diri setiap Muslim adalah mentauhidkan Allah.SWT. Dari aspek religius tidak ada daya dan upaya diri manusia  mentauhidkan Allah melainkan Allah sendiri menyatakan keesaanNya bahwa Tiada Tuhan Selain Allah. Untuk itu hendaknya berserah kepada Allah bahwa Tiada daya dan upaya segala sesuatu melainkan semuanya atas pertolongan Allah untuk dapat merasakan nikmatnya  rabbaniyatul ilmnya dalam samudera  tauhidNya itu terjadi karena semata-mata berkat pertolongan Allah dan Rasulullah yang selalu berserta umatnya.Untuk  itu memperbanyak shalawat terhadap Rasulullah sebagai bentuk wasilah, karena sesungguhnya tiada yang lebih baik makhluk ciptaan Allah selain Rasulullah Nabi Muhammad.SAW sehingga beliau ditetapkan menjadi manusia teladan bagi seluruh umat di seluruh dunia.
Sementara untuk naik kederajat itu, hendaklah berikhtiar untuk meraih lezat manisnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allahuta’ala dengan cara yang pernah diajarkan Rasulullah.SAW kepada umatnya. Dengan mengikuti perintahNya dan menjauhi laranganNya, waktunya sholat hendaklah sholat dan terus teladani jejak rasulullah dan ilmunya yang diberi untuk umat dalam menjalani kehidupan di dunia hingga akhirat nanti.
                Tiga Kelompok yang akan mendapatkan manisnya keimanan:
1.       Dia yang menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai daripada selain keduanya.
2.       Dia mencintai seseorang yang Ia tidak mencintainya kecuali Allah.
3.       Dia membenci untuk kembali pada kekafiran setelah Allah menyelamatkan baginya, sebagaimana ia benci dilemparkan kedalam neraka. (HR.Buchary-Muslim)

Semoga Allah.SWT menganugerahkan kita petunjuk hidayahNya  dan mengampuni kita serta memudahkan kita yang tiada daya upaya ini untuk dapat terus meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan terhadapNya melalui ibadah yang diniatkan semata-mata karena Allah.SWT. Dari Allah kembali kepada Allah, baik berupa Ilmu, rezeki, tenaga yang dianugerahkan Allah kepada kita digunakan ikhlas dijalan Allah semata-mata mengharap ridhoNya. Selain itu memudahkan kita dalam menjalani kehidupan dan dikabulkan hajat di dunia dan akhirat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls