Sabtu, 29 April 2017

Rukun dan Syarat Sembahyang Fardhu Baca Al Fatihah

Lanjutan Hukum Syarat-Syarat dan Rukun Sembahyang pada artikel sebelumnya.  (Al-fatihah)
Pertama : Soal tentang Ta’auwudz itu, diucapkan di tiap-tiap rakaat. Apa Ta’awudz ? Ta’awudz adalah meminta perlindungan Allah dari godaan setan dengan bacaannya seperti “Audzubiillahiminasyaithhon Nirajim”.
Kata Abu Hanifah Ta’awudz: Diucapkan dirakaat pertama saja. Kata Malik:Tidak boleh berta’auwudz dalam sembahyang fardhu. Dihikayatkan dari An Nasa’y dan Ibnu Sieren bahwa ta’awudz itu diucapkan sesudah qira-ah atau membaca fatihah.
“Qira-ah atau membaca Fatihah ini fardhu atas imam, atas munfarid dalam segala rakaat sembahyang lima”.
Pendapat ini disetujui Ahmad, kata Abu Hanifah: Tidak wajib qira-ah itu melainkan dalam rakaat pertama dan kedua saja. Dari Malik diperoleh dua riwayat, Pertama,  sesuai dengan madzhab Asy-Syafie dan Ahmad. Kedua, jika ditinggalkan qiraah dalam salah satu rakaat yang bukan sembahyang shubuh hendaklah bersujud sahwi. Kalau dalam sembahyang shubuh di ulang lagi sembahyang itu.
“Wajib qiraah fatihah atas makmum dalam sembahyang sir, demikian juga dalam sembahyang jahar.”
Kata Abu Hanifah: Tidak wajib qiraah atas makmum, baik imam menjaharkan ataupun mensirkan. Kata Malik: Tidak diwajibkan qiraah atas makmum bahkan dimakruhkan apabila imam menjaharkan, baik dapat didengar bacaan imam ataupun tidak. Kata Ahmad: Tidak wajib makmum membaca Al-Fatihah dibelakang imam, jika dapat didengar bacaan imam. Dihikayatkan dari Al Asham dan Al Hasan ibn Saleh, qiraah itu sunat.
Al-Qur’an (bacaan Al-Qur’an yang difardhukan dalam sembahyang), ialah: Al-Fatihah.
Begini juga pendapat Malik dan Ahmad. Menurut Abu Hanifah, sah juga dibaca selain Al-Fatihah, selama itu masih ayat suci al-qur’an.
Bismillah (Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang) adalah suatu ayat pembuka. Ayat ini wajib dibaca beserta Al-Fatihah. Begini juga pendapat Ahmad. Kata Abu Hanifah dan Malik: Bukan suatu ayat dari Al-Fatihah, yakni tidak wajib dibaca.
Pembacaan Bismillah itu dijaharkan, apabila Al-Fatihah dijaharkan”. Kata Abu Hanifah dan Ahmad: Bacaan Bismillah itu disirrkan. Menurut Malik, yang baik jangan dibacakan dan dimulai dengan Allhamdulillah rabbil alamin.
 Membaca Al-Fatihah tidak boleh terjemahnya dan tidak boleh pula dalam bahasa lain.
Abu Hanifah, menurut satu riwayat membolehkan. Kata Abu Yusuf dan Muhammad :Jika dapat membaca Al-Fatihah dalam bahasa Arab maka tidak boleh ia membaca terjemahannya. Jika tak dapat membaca Al-Fatihah dalam bahasa Arab, boleh. Contohnya seperti kalangan Mualaf yang baru mengucapkan dua kalimat syahadat.
Boleh membaca Al-Fatihah dengan melihat mushaf.
Kata Abu Hanifah: Tidak boleh. Dari Ahmad diterima dua riwayat. Yang pertama sana dengan madzhab Asy-Syafie. Yang kedua sama dengan Madzhab Malik, yakni boleh dalam sembahyang nafilah, tidak boleh dalam sembahyang fardhu.
Ta’min dibaca dengan jahar oleh imam dan ma’mum.
Menurut Abu Hanifah tidak dijaharkan, baik oleh imam maupun oleh ma’mum. Kata Malik.Dijaharkan oleh ma’mum. Pendapat Ahmad sesuai dengan pendapat Asy-Syafie dalam hal ini.
Selanjutnya membaca surat sesudah Al-Fatihah disunatkan dalam sembahyang fadjar dan dalam dua rakaat yang pertama dari sembahyang ruba’ijah dan maghrib. Hukum ini disepakati.
Tidak disukai membaca surat sesudah Al-Fatihah pada rakaat yang ketiga dan keempat.Pendapat ini disepakati oleh ketiga-tiga imam lagi. Menurut sunnah, Nabi pernah membacanya sesekali.  Alasan ulama diwaktu fajar pagi sembahyang yang dilaksanakan kala itu terdiri hanya dua rakaat baik sebelum shubuh, fardhu shubuh, dan isro dilakukan jam 6 pagi. Sementara di waktu maghrib tiga rakaat sholat.
Menjaharkan surat ketika menjaharkan Al-Fatihah, dan mengisrarkan surat ketika mengisrarkan Fatihah, sunnat. Ini disepakati oleh para imam.
Sengaja menjaharkan ayat dalam sembahyang yang sebaiknya diisrarkan, dan sengaja mengisrarkan dalam sembahyang yang sebaiknya dijaharkan. Tidak merusakkan sembahyang; hanya dipandang meninggalkan sunnah. Hukum ini disepakati.
Disukai para munfarid menjaharkan ditempat jahar. Pendapat ini disetujui Malik. Menurut yang mansyur dari Ahmad, tidak. Kata Abu Hanifah:Terserah kepada kemauan yang membaca sendiri.Boleh dibaca sekedar ia mendengar sendiri, boleh dikeraskan, dan boleh diisrarkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls